Pengertian, Manfaat dan Fungsi Manajemen

Manajemen merupakan seni dan ilmu perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, serta pengawasan kepada usaha yang dilakukan oleh para anggota organisasi serta penggunaan sumber daya para anggota orgaisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama. Kegiatan manajemen sangat bervariasi, yaitu mengatur, memimpin, mengelola, mengembangkan dan mengendalikan dan juga mengembangkan.

Mengapa manajemen dapat dikatakan sebagai seni?

Karena manajemen merupakan cara dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cara kerjasama bersama dengan orang lain dalam satu organisasi. Di dalam seni manajemen, kita dapat memplejari tentang kemampuan dalam melihat totalitas pada bagian yang terpisah dalam satu kesatuan gambaran. Manajemen dapat mencakup komunikasi visi tersebut.

Tingkatan Manajemen

Di dalam manajemen, terdapat 3 tingkatan manajemen yaitu sebagai berikut :

1. Top Manajemen

Tingkatan ini merupakan tingkatan manajemen yang paling tinggi dan juga disebut sebagai manajer senior, atau eksekutif kunci. Top manajemen bertanggung jawab kepada kebijakan dan juga strategi dari perusahaan yang setelah itu diterangkan secara spesifik oleh manajer dibawahnya.

2. Manajer Tengah

Manajer tengah memiliki tugas mengawasi unit kerja dibawahnya, membuat serta menerapkan rencana yang sesuai dengan tingkatan serta tujuan yang lebih tinggi. Setelah tugas tersebut selesai, kemudian tugas manajer tengah adalah melaporkannya kepada top manajer.

3. Lower Manajemen

Lower manajemen merupakan tingkatan manajemen yang paling bawah pada suatu organisasi. Lower manajemen bertugas untuk mengawasi dan juga memimpin tenaga-tenaga operasional. Istilah operasional untuk lower manajemen adalah mandor, kepala seks, superisor, dan lain sebagainya.

Manfaat Perencanaan

Dalam sebuah organisasi, perencanaan sangat menentukan sekali. Organisasi dapat mengalami hambatan yang banyak jika tidak menggunakan perencanaan yang matang. Berikut ini adalah manfaat perencanaan :

  1. Mengidentifikasi dan memprediksi peluang yang ada di masa depan
  2. Dapat merencanakan langkah yang strategis
  3. Dapat dijadikan pedoman sebagai pelaksana kegiatan
  4. Mudah dalam melakukan pengawasan
  5. Dapat mengatasi masalah yang timbul di masa mendatang

Demikian artikel tentang pengertian manajemen, fungsi manajemen dan juga manfaat perencanaan. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari informasi tentang artikel ini. Sekian dan terimakasih banyak!

satruk