Contoh Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Mungkin ada diantara kalian yang berfikir jika usaha yang menjanjikan hanyalah untuk orang yang bertempat tinggal di kota, maka hal itu tidaklah benar. Jika kalian tahu, ternyata ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa kalian lakukan di desa. Tinggal bagaimana cara kalian untuk mampu menganalisa salah satu yang paling memiliki potensial untuk dijalankan.

Apabila kalian berpendapat bahwa peluang di kota ternyata lebih baik daripada di desa, itu tidaklah selalu benar. Mungkin jika usaha tersebut dengan jenjang karir dan bekerja pada perusahaan besar bisa jadi benar, karena biasanya perusahaan bisnis besar dengan gaji tinggi lebih sering berada di pusat keramaian kota.

Akan tetapi perlu kalian tahu, di desa pun juga memiliki banyak kesempatan untuk sukses, yakni dengan membuka usaha sendiri. Kalian yang tinggal di desa dan di perkampungan tidak berarti sangat terbatas dalam kesempatan untuk menjalankan bidang bisnis dan usaha.  Seperti layaknya masyarakat yang hidup di perkotaan, warga desa pun juga masih tergantung dengan pihak-pihak lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari.

Kesempatan untuk sukses itu ada dimana saja dan semua butuh perjuangan dan kerja keras serta didukung dengan cara-cara yang realistis juga harus cerdas menyikapi situasi dan kondisi dimana kita berada.

Nah, agar kalian cepat dalam menemukan ide usaha apa yang cocok untuk dikembangkan didesa, berikut ada beberapa tips mencari ide yang bisa kalian coba!

  1. Survey terlebih dahulu peluang yang ada didesa

Coba kalian perhatikan dan cermati dengan seksama, apa sajakah kebutuhan masyarakat di desa yang belum ada. Atau apa sajakah peluang bisnis yang mungkin masih memiliki prospek tinggi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian bisa melakukan survey sendiri atau lebih baik bertanya kepada kerabat, orang tua dan teman yang telah lama tinggal di desa tersebut.

  1. Minat dan bakat yang kalian miliki

Usaha yang kalian jalan kan jika bisa harus sesuai dengan apa yang kalian inginkan serta mampu menjalankan sehingga dapat memberikan dampak yang positif. Dengan demikian, maka kalian akan sangat serius ketika menjalankan bisnis tersebut. oleh karena itu, kalian perlu mencari terlebih dahulu dimana bakat dan minat yang sekiranya kalian miliki.

  1. Amati, tiru dan modifikasi (ATM)

Jika kalian ingin sukses dengan cepat, maka belajarlah dari orang yang tepat pula. Maksudnya, kalian belajarlah dari orang yang sudah memiliki keahlian pada bidang yang ingin kalian tekuni tersebut. Jangan hanya belajar dari orang yang pandai berteori saja, karena terkadang teori tidak selalu sama dengan apa yang dipraktikan.

Selanjutnya, jika kalian sudah belajar dari ahlinya, maka kalian bisa memodifikasi agar usaha yang kalian lakukan lebih hebat. Metode ini sering disebut dengan istilah ATM, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi

Setelah mengetahui beberapa tips yang dapat digunakan untuk menemukan ide apa yang dapat dijalankan. Berikut ini adalah beberapa jenis peluang bisnis rumahan yang menjanjikan di desa yang bisa kalian coba, diantaranya yaitu:

  1. Usaha pada bidang hidroponik

Karena masyarakat kota kekurangan lahan, maka mereka memanfaatkan pekarangan rumah mereka sebagai lahan untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Nah, bagi kalian yang tinggal didesa jangan mau ketinggalan dengan mereka. Apalagi hasil dari sistem pertanian hidroponik ini sangatlah digemari oleh masyarakat, kenapa? Karena sistem pertanian hidroponik lebih higienis. Sistem hidroponik ini juga lebih murah dan praktis jika kalian tahu bagaimana cara membuatnya.

Meskipun biasanya orang yang tinggal di desa memiliki lahan yang luas, bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif lagi. Kalian juga bisa mencoba bertani dengan berbagai jenis sayuran.

Agar tanaman kalian dapat tumbuh dengan baik, berikut ini adalah beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika kalian ingin memilih jenis media yang akan digunakan.

  • Media harus memiliki kemampuan untuk menyimpan air. Karena tanaman membutuh nutrisi yang diberikan pada air tersebut.
  • Media harus memiliki struktur yang gembur, sehingga akan banyak zat nutrisi yang tersimpan dan tersebar dengan baik.
  • Memiliki nilai kandungan garam yang rendah.
  • Media tidak mudah berubah bentuk meskipun terjadi perubahan suhu.
  • Media harus bebas hama supaya tanaman dapat tumbuh dengan optimal
  • Media memiliki kandungan kapur atau kalsium

Itulah beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika kalian ingin bercocok tanam atau bertani dengan media hidroponik. Selanjutnya, ada beberapa jenis media yang paling sering digunakan, antara lain rockwool, arang sekam, cocopeat atau sabut kelapa, perlit, dll.

Jika kalian benar-benar ingin mengembangan usaha ini, maka dibutuhkan beberapa pengetahuan agar kalian mampu mengembangkan bisnis hidroponik sehingga sukses. Gunakanlah fasilitas internet mencari informasi tambahan mengenai hidroponik.

  1. Ternak ayam kampung

Di kutip dari beberapa sumber, diketahui bahwa pada tahun 2015 sampai tahun 2016 kebutuhan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan. Sementara peternak ayam kampung hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar sebesar 25% – 30%.

Dari sedikit penjelasan tersebut, dapat disimpulan bahwa berternak ayam kampung akan memberikan peluang bisnis yang lumayan menjanjikan. Terdapat 3 metode yang bisa kalian lakukan untuk beternak ayam kampung, yaitu:

Metode Umbaran

Metode umbaran merupakan salah satu metode yang sangat popular di lingkup masyarakat pedesaan, karena metode ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Metode umbaran yaitu metode ternak ayam kampung secara tradisional dengan membiarkan ayam mencari makanan sendiri. Jadi kalian hanya perlu menyediakan kandang untuk tempat ayam.

Biasanya jika ternak ayam kampung dengan metode umbaran ini dilakukan dengan skala atau jumlah yang masih kecil. Jika kalian memiliki lahan yang sangat luas, kalian bisa menggunakan metode ini sehingga ayam yang diumbar tidak akan menggangu tetangga.

Metode Semi Intensif

Metode semi intensif ini merupakan metode dengan cara membuat kandang yang luas agar ayam tidak kemana-mana. Contoh sederhana ialah seperti yang mungkin pernah kalian ketahui, yaitu dengan membuat pagar dari jaring ikan, atau dengan pagar tertentu pada hamparan lahan yang ada. Metode semi intensif ini akan membuat kalian menjadi lebih mudah untuk melakukan kontrol baik dari segi makanan, kesehatan dan pertumbuhan ayam kampung itu sendiri.

Metode Intensif

Metode intensif yaitu dengan cara mengkurung ayam kampung sepanjang hari. Metode ini membutuhkan modal yang cukup, terutama untuk pembuatan kandang ayam dan juga biaya pakannya. Metode intensif ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, jika kalian ini berternak dengan metodeini maka perlu pengetahuan yang cukup agar proses ternak dan biaya dapat memberikan keuntungan.

  1. Peluang bisnis niaga atau dagang

Sektor jual beli atau biasa disebut dengan perdagangan juga dapat memberikan peluang meskipun kalian tinggal di wilayah perkampungan, khususnya untuk jenis  perdagangan komoditas hasil pertanian atau kebutuhan penunjangnya. Contoh usaha ataupun bisnis di bidang niaga yang cocok untuk kalian jalankan dikampung atau desa yaitu toko pertanian dan peternakan.

Bagi kalian yang memiliki lapak atau tempat serta modal usaha yang mencukupi, maka membuka toko pertanian serta toko kebutuhan peternakan adalah sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Berada pada wilayah dengan sebagian besar masyarakatnya adalah petani merupakan pilihan yang paling tepat.

Dengan menyediakan beraneka ragam kebutuhan petani seperti pupuk, benih, obat hama serta perkakas pertanian, maka sudah jelas tidak akan ada barang dagangan kalian yang tidak terjual asalkan dengan harga yang wajar. Dan juga bagi kalian yang menjalankan usaha peternakan, maka kebutuhan akan pakan, obat, serta media beternak lainnya juga akan melibatkan toko yang menyediakan keperluan mereka.

  1. Usaha konveksi

Selama manusia masih tetap berpakaian, maka usaha konveksi juga akan tetap diperlukan. Pakaian merupakan kebutuhan pokok selain pangan dan papan. Maksutnya disini yaitu jasa pembuatan baju dan pakaian akan selalu dibutuhkan dimanapun kalian berada termasuk juga di desa. Bahkan jika kalian bisa lebih kreatif, maka usaha konveksi yang kalian buat di desa akan tumbuh dengan cepat karena minimnya saingan yang ada.

  1. Toko kebutuhan sehar-hari (toko kelontong)

Kondisi pedesaan yang jauh dari pasar akan menyebabkan masyarakat desa mengalami kesulitan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Kondisi tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bagi kalian untuk membuka usaha toko kelontong. Usaha membuka toko kelontong ini memanglah cukup sederhana, akan tetapi juga diperlukan ketelitian dan ketelatenan. Dan yang tidak kalah penting yaitu kalian harus bisa mendapatkan suplier barang dengan harga yang kompetitif serta menguasai ilmu bisnis ritel tentang stok produk, manajemen keuangan ritel, serta pemasaran.

  1. Berjualan pulsa elektrik

Berjualan pulsa elektrik dapat kalian jadikan sebagai salah satu bisnis di kampung yang bisa kalian coba. Jika dulu ponsel hanya bisa di miliki oleh orang kota, tapi tidak untuk sekarang. Sudah banyak masyarakat yang memiliki ponsel atau bahkan smartphone entah itu orang kota maupun orang desa dan tentunya dengan adanya ponsel tersebut maka mereka akan membutuhkan pulsa. Oleh karena itu,  bisnis berjualan pulsa elektrik di kampung ini bisa dibilang sangat menguntungkan. Mengapa demikian? Sebab hal tersebut merupakan salah satu dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Dengan bisnis tersebut, kalian juga bisa memulai usaha untuk berjualan pulsa token listrik, yang mana banyak masyarakat sekarang telah menggunakan token listrik, terutama masyarakat desa.

  1. Usaha Pengepul Hasil Panen

Karena banyaknya penduduk desa yang berprofesi sebagai petani, maka hal tersebut dapat kalian jasikan sebagai peluang bisnis di desa yaitu seperti pengepul hasil panen. Berbagai hasil panen akan lebih mudah kalian dapatkan di daerah pedesaan. Hal ini tentu akan sangat cocok bagi kalian yang akan memulai usaha penjualan hasil panen dengan hasil yang cukup menguntungkan.

Dalam peluang bisnis ini, kalian bisa menjadi distributor yang akan membeli dari para petani lokal dan akan mengirimkannya ke pasar atau menjualnya secara langsung. Semua itu dapat kalian lakukan dan kalian harus mengetahui bagaimana keadaan harga di pasar agar dapat menyesuaikan dan tidak mendapatkan kerugian.

Nah, itulah tadi beberapa jenis peluang bisnis di desa atau di kampung yang sangat menjanjikan dalam menghasilkan uang. Bagi kalian yang tinggal di desa atau kalian yang ingin membuka usaha di desa bisa mencoba beberapa peluang bisnis seperti diatas. Semoga informasi ini membantu dan selamat mencoba!

satruk